Selasa, 24 Februari 2015



Pengaruh IPTEK untuk IMTAQ

Sebelum membahas jauh mengenai pengaruh IPTEK untuk IMTAQ, perlu kita ketahui terlebih dahulu apa itu IPTEK dan Apa itu IMTAQ.
IPTEK adalah ilmu pengetahuan dan teknologi yang bersumber dari pikiran manusia dalam memahami dan mengelola ilmu tuhan. sedangkan IMTAQ adalah iman dan taqwa yang bersumber dari hati sebagai bentuk hubungan positif antara manusia dan tuhannya.
Sahabat mulim, kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia, memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktivitas manusia. Perkembangan teknologi akhir-akhir ini, menjadikan dunia yang amat luas di era globalisasi ini menjadi sempit, mengecil, dan terbatas.  Perkembangan teknologi ini mempunyai dampat yang positif dan juga negatif terhadap umat muslim.
Dampak IPTEK bagi Islam tentu ada dua jenis.
Pertama, dampak positif. Seperti apa? Coba kita lihat berbagai media yang menyajikan program-program seperti SMS Hadits, PocketQuran di Internet, acara islam dan dakwah di televisi yang sekarang sudah banyak stasiun televisi yang mempunyai program islami seperti progam dakwah mama dan aak, ataupun progam khasanah, berita islam masa kini yang dapat menambah pengetahuan kita tentang agama islam. Perkembangan teknologi atau IPTEK memunculkan internet. Di internet sahabat muslim dapat berbagi informasi mengenai islam, melihat tayangan sholawat ataupun dakwah dan lain sebagainya di youtube.
Namun perkembangan teknologi tentu mempunyai  dampak yang negatif. Dampak negatif teknologi sangatlah banyak jika dibadingkan dengan dampak positifnya. Mengapa? Karena zaman ini teknoloogi telah banyak dikuasai bangsa barat. Coba tengok ke Internet. Dimana-mana pastilah banyak posting-posting yang bertentangan dengan Islam. Bahkan, seolah mengajak kita meninggalkan Islam. Acara-acara yang notabene seru ditayangkan di saat-saat kita harus beribadah, bukan? Hal ini secara tidak langsung mempengaruhi akhlaq kita untuk meninggalkan shalat.
Rasulullah SAW bersabda:
 “Barangsiapa ingin dunia hendaklah ia berilmu, barangsiapa ingin akhirat hendaklah ia berilmu, dan barangsiapa ingin keduanya hendaklah ia berilmu.” (HR Ahmad).
Sahabat muslim, sebagai seorang muslim kita harus membentengi diri dengan keimanan dan keislaman yang kuat. Tanpa imtaq yang kokoh kehidupan seorang muslim akan terombang-ambing dan bisa berujung pada kehancuran. Iman adalah pelita, yang menjadi penerang dan petunjuk pada jalan yang lurus. Kemajuan teknologi atau IPTEK harus  kita imbangi dengan IMTAQ yang kuat. Jadikan perkembangan teknologi yang berkembang pesat saat ini dapat menbah keimanan kita. Mengambil dampak positif dari perkembangan IPTEK untuk kualitas IMTAQ kita.

0 komentar:

Posting Komentar