Kamis, 29 Januari 2015

DEMAK ( Asal mula Disebut Kota Wali )




Kota demak merupakan salah satu kabupaten atau kota di provinsi jawa tengah. letaknya di tengah-tengah Semarang dan Kudus. Kota demak memiliki banyak keistimewaan diantaranya yaitu merupakan tempat kerajaan islam pertama di Jawa. Kerajaan islam tersebut didirikan oleh Raden Fattah ditahun 1478 . Selain sebagai tempat kerajaan islam pertama di jawa, kota Demak juga terkenal dengan julukan kota wali.
Kenapa bisa disebut kota wali ????
Asal mula kota demak dijuluki sebagai kota wali tidak lepas dengan Masjid Agung demak. masjid agung demak merupakan salah satu icon kota demak yang sering dikunjungi masyarakat. Masjid Agung Demak merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia. Masjid ini memiliki nilai historis yang sangat penting bagi perkembangan Islam di tanah air. Menurut legenda, masjid ini didirikan oleh Wali Songo secara bersama-sama dalam tempo satu malam. Atap tengah dari masjid demak ditopang oleh empat buah tiang kayu raksasa (saka guru), yang dibuat oleh empat wali di antara Wali Songo. Saka sebelah tenggara adalah buatan Sunan Ampel, sebelah barat daya buatan Sunan Gunung Jati, sebelah barat laut buatan Sunan Bonang, sedang sebelah timur laut yang tidak terbuat dari satu buah kayu utuh melainkan disusun dari beberapa potong balok yang diikat menjadi satu (saka tatal), merupakan sumbangan dari Sunan Kalijaga.
Banyak masyarakat memercayai masjid ini sebagai tempat berkumpulnya para wali penyebar agama Islam, yang lebih dikenal dengan sebutan Walisongo (Wali Sembilan). Para wali ini sering berkumpul untuk beribadah, berdiskusi tentang penyebaran agama Islam, dan mengajarkan ilmu-ilmu Islam kepada penduduk sekitar. Oleh karenanya, masjid ini bisa dianggap sebagai monumen hidup penyebaran Islam di Indonesia. Inilah alasan yang menjadikan kota demak disebut kota wali. Di demak lah tempat berkumpulnya para wali. Tepatnya dimasjid agung demak yang hingga saat ini masih kokoh terjaga dengan baik.
­



0 komentar:

Posting Komentar