Kamis, 25 Desember 2014

Sya’ban Sambut Ramadhan




Nabi Muhammad shollahu alaihi wasallam bila beliau telah memasuki bulan rajab, beliau berdoa: “Ya Allah berkahilah untuk kami dibulan rajab dan sya’ban serta panjangkanlah umur kami hingga bulan Ramadhan.”
Bulan Sya’ban adalah bulan antara rajab dan ramadhan. Dalam bulan sya’ban nabi Muhammad melakukan ibadah berpuasa namun tidak ada riwayat yang menceritakan Nabi berpuasa satu bulan penuh selama bulan itu. Bulan sya’ban ibarat menjadi ibadah puasa pembuka sekaligus melatih diri sebelum datangnya bulan ramadhan. Dalam ramadhanlah puasa satu bulan penuh dilaksanakan.
Bulan Ramadhan tak lama lagi tiba di hadapan kita. Bulan yang dinantikan oleh umat muslim di segala penjuru dunia. Bulan yang penuh dengan warna ibadah dan ketaatan; puasa, tilawah al-Qur’an, sholat malam, majelis ilmu, nasehat, sedekah, dan kepedulian kepada orang-orang yang membutuhkan. Inilah salah satu bukti keindahan dan kesempurnaan ajaran Islam.

Lezatnya Ketaatan
Seorang hamba yang menyadari bahwa Allah adalah sesembahan-Nya, Islam sebagai agamanya dan Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai rasul-Nya tentu akan merasakan lezatnya ketaatan dalam beribadah dan tunduk kepada syari’at-Nya. Dia tidak akan merasa berat atau sempit tatkala harus menunaikan perintah Rabb alam semesta.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Akan merasakan lezatnya iman, orang yang ridha Allah sebagai Rabb, Islam sebagai agama, dan Muhammad sebagai rasul.” (HR. Muslim dari al-’Abbas bin Abdul Muthallib radhiyallahu’anhu)
Mengiringi Amal Salih Dengan Keikhlasan
Puasa Ramadhan adalah amal salih yang sangat utama. Bahkan ia termasuk rukun islam. Sementara amal salih tidak akan bernilai di sisi Allah jika tidak diiringi dengan keikhlasan. Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Maka barangsiapa yang mengharapkan perjumpaan dengan Rabbnya hendaklah dia melakukan amal salih dan tidak mempersekutukan dalam beribadah kepada Rabbnya dengan sesuatu apapun.” (QS. al-Kahfi: 110)
Melandasi Amalan Puasa Dengan Takwa
Takwa adalah menjalankan perintah Allah dan meninggalkan larangan-Nya. Puasa bukan sekedar menahan lapar dan dahaga. Lebih daripada itu, puasa adalah ketundukan seorang hamba terhadap Rabb yang telah menciptakan dan mengaruniakan segala macam nikmat kepada seluruh makhluk ciptaan-Nya.
Menjalankan Puasa Dengan Sunnah Nabi-Nya
Ibadah kepada Allah tidak akan diterima jika tidak sesuai dengan syari’at-Nya. Dan tidaklah Allah mensyari’atkan kecuali melalui perantara Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam. Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Katakanlah: Jika kalian benar-benar mencintai Allah maka ikutilah aku, niscaya Allah akan mencintai kalian dan mengampuni dosa-dosa kalian.” (QS. Ali ‘Imran: 31)
Bulan Ramadhan tak lama lagi datang. Alangkah malang diri kita jika bulan yang penuh berkah ini berlalu begitu saja tanpa curahan ampunan dan pahala dari-Nya. Semoga Allah mempertemukan kita dengan bulan yang mulia ini, melarutkan kita dalam kelezatan beribadah dan bermunajat kepada-Nya, menangisi dosa dan kesalahan kita. Ya Allah Ya Rabbi, pertemukanlah kami dengannya.

4 komentar:

  1. TAQWA 231 ***** @rizahidayat 9 () @bali64980 ()bali64980@gmail.com
    ()081391423936 ()wslm

    BalasHapus
  2. Metaphysics64980 ***
    49680+40968= Nine ONE DIGIT ()NOD () KitaHarus Niat BIMBINGAN Belajar Tentang Metaphysics64980 () Sembilan Point Kesuksessan Principle Gemilang Metaphysics64980 () Qs 2 : 183 () TAQWA 231 X Kata TAQWA Diulang Ulang Dalam 30JUZ ********Sudahkah Mengkaji Ulang Ingat TAQWA 231() Qs 39 : 10 () Ganjaran Pahala Balasan Kebaikan Karena Murni Ikhlas Lahir Bathin () Dunia Akhirat ***Dunia 115 X KATA Dunia : Akhirat 115 X KATA Akhirat

    BalasHapus
  3. Qs 36 : @45 () Yasin *****
    40986 +49860 = NineOneDigit ()Metaphysics64980 ()90846
    49680+40968 = NineOneDigit()Metaphysics64980 ()90648
    MAN PROPOSES GOD DISPOSES ()
    We Must HONEST () Success Usaha Anda Mencintai Ibunda @suami
    Harapan Anda Success Ingat LATIHAN ()@hasil () Gaji Upah Usaha ANDA HASIL () Freedom Pinancial..
    MAN PROPOSES GOD DISPOSES ()We Must HONEST () @rizahidayat 9
    @bali64980 ()bali64980@gmail.com

    BalasHapus
  4. Pro : PCM Bos Joe HARTANTO & Team Juga Alumni Milyarder Success PCM *** Selamat Hari Raya Kemenangan Fitri *** Idul Fitri 1436 H Mohon Maaf Lahir Bathin **** Kesuccessan Materi Bukanlah Hal Yang Harus Kita DewaDewa kan Juga Titel Pangkat Yang BerbauDunia115 () Ingatlah Zaman Mutahir IT akhirzaman Manusia Bakal Antri Pospowersindrom Akibat... Karena Sebab Mendewadewa kan 3Ta.
    Penyakit +Iri
    Penyakit +Dengki
    Penyakit + Sombong
    Penyakit + Takabbur
    Penyakit + Hasut
    Penyakit + Fitnah
    Penyakit + Loba Serakah
    Penyakit + Tamak Rakus
    Penyakit + UJUB
    Penyakit + Ria
    () Penyakit Hati Bathin Hancur frustrasiMental Spiritual ()
    Dokter HandUp OraIsoOpoOpo () Introspeksi Lebih Dalam 2009() What Where When Why Who How??????????
    Semoga Alumni PCM WASPADALAH Penyakit10Jari Tersebut Very Very Very Danger.
    GBU
    MAN PROPOSES GOD DISPOSES () We Must HONEST. Suksma Astungkare @rizahidayat 9() @bali64980 () bali64980@gmail.com
    Best REGARDS

    BalasHapus