BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Selama ini
banyak kalangan bahkan kaum pelajar belum mengerti akan arti penting keberadaan
perpustakaan. Ironisnya hal ini terjadi ditengah-tengah dari maraknya
sosialisasi mengenai urgensi perpustakaan dan perkembangan perpustakaan yang
kini telah hadir hampir di setiap lembaga pendidikan. Belum lagi dengan adanya
berbagai jenis perpustakaan sesuai fungsi dan penggunaannya, kian membutakan
kaum pelajar akan pengetahuan dari lokasi yang disebut sebagai sumber
pengetahuan ini.
Guna turut
mensosialisasikan mengenai peran dan urgensi perpustakaan, makalah ini kami
susun. Selain itu, penulis berharap agar pengetahuan para pelajar menjadi
semakin terbuka akan perpustakaan dan perkembangannya pada khususnya dan kepada
seluruh pembaca pada umumnya.
1.2 Rumusan Masalah
1.
Apa yang dimaksud dengan Perpustakaan sebagai sumber belajar
?
2.
Apa fungsi, jenis dan cara penggunaan perpustakaan ?
3.
Bagaimana peran perpustakaan sebagai sumber belajar, pusat
informasi dan inovasi ?
1.3 Tujuan
1.
Mengetahui maksud Perpustakaan sebagai sumber belajar.
2.
Mengetahui fungsi, jenis dan cara penggunaan perpustakaan.
3.
Mengetahui peran perpustakaan sebagai sumber belajar, pusat
informasi dan inovasi.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Pengertian Perpustakaan
Darmono mengemukakan bahwa Perpustakaan
pada hakekatnya adalah pusat sumber belajar dan sumber informasi bagi
pemakainya. Perpustakaan dapat pula diartikan sebagai tempat kumpulan buku-buku
atau tempat buku-buku dihimpun dan diorganisasikan sebagai media belajar siswa[1]
Pengertian
perpustakaan adalah kumpulan bahan informasi yang terdiri dari bahan buku/book
materials dan bahan nonbuku/nonbook materials yang disusun dengan sistem
tertentu dipersiapkan untuk diambil
manfaatnya/pengertiannya, tidak untuk dimiliki sebagian maupun
keseluruhan.[2]
Ibnu Ahmad Saleh memberikan definisi perpustakaan adalah tempat pengumpulan
pustaka atau kumpulan pustaka yang diatur dan disusun dengan sistem tertentu,
sehingga sewaktu-waktu diperlukan dapat ditemukan dengan mudah dan cepat.
Perpustakaan adalah sebuah tempat yang
digunakan untuk menyimpan informasi baik berupa cetak (buku, koran, jurnal,
majalah, karya tulis, karya lukisan) ataupun elektronik (pita kaset, film,
slide,) yang biasanya disimpan menurut tatanan tertentu yang digunakan
pengunjung untuk dibaca atau dipinjam dan bukan untuk dijual.
2.2 Tujuan Perpustakaan
Tujuan perpustakaan tidak dapat lepas dari fungsi
perpustakaan. Diantara tujuan pokok didirikannya sebuah perpustakaan adalah :
a) Menyediakan sarana atau tempat untuk menghimpun berbagai
sumber informasi untuk dikoleksi secara terus menerus, diolah dan diproses.
b) Sebagai sarana atau wahana untuk melestarikan hasil
budaya manusia (ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya) melalui aktifitas
pemeliharaan dan pengawetan koleksi.
c) Sebagai agen perubahan (Agent of changes) dan agen
kebudayaan serta pusat informasi dan sumber belajar mengenai masa lalu,
sekarang, dan masa akan datang. Selain itu, juga dapat menjadi pusat
penelitian, rekreasi dan aktifitas ilmiah lainnya.
d) Menciptakan budaya membaca untuk mencerahkan masa depan
bangsa. Karena dari membaca inilah kita dapat memperoleh berbagai macam
pengetahuan yang berguna untuk menjadi bekal di kehidupan kita yang akan
datang.
2.3 Fungsi
Perpustakaan
Perpustakaan mempunyai beberapa fungsi,
yang diantaranya adalah:
a) Fungsi penelitian
Perpustakaan berfungsi sebagai jawaban terhadap berbagai
pertanyaan ilmiah.
b) Fungsi pendidikan
Perpustakaan memberikan kesempatan kepada siswa untuk
menambah pengetahuan atau mempelajari kembali materi-materi pelajaran yang
telah diberikan oleh guru di kelas.
c) Fungsi rekreasi
Perpustakaan memberikan kesempatan kepada pengunjung
untuk menikmati bahan yang ada.
d) Fungsi informasi
Perpustakaan berfungsi sebagai tempat mencari informasi
yang berkenaan
dengan
pemenuhan rasa ingin tahu dari pengunjung perpustakaan.
2.4 Jenis-jenis Perpustakaan
a) Perpustakaan Negara
Kebanyakan
negara di dunia mempunyai perpustakaan negaranya sendiri. Perpustakaan negara
memainkan peranan penting dalam membangun dan menyelaras berbagai isu berkaitan
perpustakaan dan profesion pustakawan. Fungsi perpustakaan negara yang penting
adalah sebagai pusat bibliografi negara yaitu ia menyimpan dan mengkatalogkan
semua hasil penerbitan negaranya.
b)
Perpustakaan awam
Perpustakaan awam termasuk perpustakaan negeri,
perpustakaan daerah, dan perpustakaan desa. Ia berfungsi menyediakan
pengkhitmatan serta kemudahan bacaan dan rujukan kepada penduduk atau komuniti
di sekitarnya. Koleksi perpustakaan awam adalah berbagai dan merangkumi bahan
bacaan untuyk semua golongan yaitu anak-anak, remaja dan dewasa.
c)
Perpustakaan akademik
Perpustakaan akademik adalah perpustakaan di
institusi pengajian tinggi seperti university, kolej dan maktab. Fungsi
perpustakaan akademik menyediakan bahan-bahan untuk kegunaan para pelajar
dan tenaga pengajar di institusinya.
d)
Perpustakaan sekolah
Setiap
sekolah biasanya dilengkapi dengan perpustakaan atau dipanggil pusat sember.
Saiz perpustakaan sekolah kebanyakan adalah kecil dengan koleksi bahan yang
sederhana. Koleksinya terdiri daripada
buku-buku rujukan seperti kamus, ensiklopedia, atlas, dan juga buku
cerita.
e)
Perpustakaan
khusus
Perpustakaan
khusus adalah perpustakan yang berada di dalam sebuah organisasi ataupun
syarikat. Perpustakaan khusus berfungsi memberikan perkhidmatan kepada pengguna
yaitu mereka yang berada di dalam organisasi itu.[3]
2.5 Penggunaan Perpustakaan sebagai Pusat
Sumber Belajar Bahasa Arab
Perpustakaan merupakan pusat sarana akademisi. Perpustakaan menyediakan
bahan-bahan pustaka berupa barang cetakan seperti buku, majalah/jurnal
ilmiah,peta, surat kabar, karya-karya tulis berupa monograf yang belum
diterbitkan, serta bahan-bahan non cetakan seperti micro-fish, micro
film, dll. Oleh karena itu, perpustakaan dapat dmanfaatkaan oleh pelajar,
mahasiswa dan masyarakat pada umumnya untuk memperoleh informasi dalam berbagai
bidang keilmuan baik untuk tujuan akademisi.
Sumber belajar pada hakikatnya merupakan komponen sistem intruksional yang
meliputi pesan, orang, bahan, alat, teknik, dan lingkungan, yang mana hal itu
dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Dengan demikian sumber belajar dapat
dipahami sebagai segala macam sumber yang ada di luar diri seseorang (peserta
didik) dan memungkinkan (memudahkan) terjadinya proses belajar. Untuk menjamin
bahwa sumber belajar tersebut adalah sebagai sumber belajar yang cocok, sumber
tersebut harus memenuhi ketiga persyaratan sebagai berikut:
à Harus dapat tersedia dengan cepat
à Harus memungkinkan siswa untuk memicu diri sendiri
à Harus bersifat individual, misalnya harus dapat memenuhi
berbagai kebutuhan para siswa dalam belajar mandiri.
Sumber belajar
dapat berasal dari berbagai bentuk misalnya orang juga dapat menjadi sumber
belajar, yakni ketika staf pengajar menyediakan diri sebagai manusia sumber
yang dapat tersedia setiap saat sehingga dapat memecahkan berbagai kesulitan
siswa secara individual. Begitu juga tempat tertentu dapat dijadikan sumber
belajar, contohnya adalah perpustakaan yang bisa digunakan. Setiap saat saperti
yang diuraikan sebelumnya.
Begitu juga dalam
pembelajaran bahasa arab perpustakaan merupakan salah satu sumber belajar
karena menyediakan berbagai fasilitas yang mendukung dalam proses pembelajaran
bahasa Arab.
Pemanfaatan
perpustakaan sebagai sumber belajar secara efektif memerlukan keterampilan
sebagai berikut.[4]
a)
Keterampilan
mengumpulkan informasi, yang meliputi keterampilan:
Ø mengenal sumber informasi dan pengetahuan
Ø menentukan lokasi sumber informasi berdasarkan sistem
klasifikasi perpustakaan, cara menggunakan katalog dan indeks
Ø menggunakan bahan pustaka baru, bahan referensi seperti
kamus, buku tahunan dan lain-lain.
b)
Keterampilan
mengambil intisari dan mengorganisasikan informasi, seperti:
Ø memilih informasi yang relevan dengan kebutuhan dan masalah
Ø mendokumentasikan informasi dan sumbernya
c)
Keterampilan
menganalisis, menginterpretasikan dan mengevaluasi informasi, seperti:
Ø memahami bahan yang dibaca
Ø membedakan antara fakta dan opini
Ø menginterpretasi informasi baik yang saling mendukung maupun
berlawanan.
d)
Keterampilan
menggunakan informasi, seperti :
Ø memanfaatkan intisari informasi untuk mengambil keputusan
dan memecahkan masalah
Ø menggunakan informasi dan diskusi
Ø menyajikan informasi dalam bentuk tulisan.
2.6
Peranan Perpustakaan
Setiap perpustakaan dapat mempertahankan eksistensinya apabila dapat
menjalankan peranannya. Secara umum peran – peran yang dapat dilakukan adalah :
a)
Sebagai Pusat Informasi
Perpustakaan merupakan salah satu tempat yang memiliki peranan penting
dalam memberikan suatu informasi. Hal
ini dikarenakan sebuah perpustakaan pastinya mempunyai koleksi buku tidak hanya
satu,bisa ratusan atau bahkan berpuluh-puluh ribu. Yang di
dalamnya terdapat berbagai macam jenis buku, seperti
karya umum, filsafat, ensiklopedi
dan lain-lain. Tidak hanya buku, perpustakaan
sekarang juga dilengkapi dengan adanya koleksi majalah, koran ataupun artikel
yang dapat dijadikan sebagai sumber informasi dan juga ilmu.
b) Sebagai Pusat Inovasi
Perpustakaan sebagai tempat tersimpannya berbagai informasi yang dulu hanya
sebagai tempat penyimpanan buku semata,kini juga sebagai tempat untuk tumbuhnya
ide-ide yang kreatif. Dari ide-ide kreatif itulah dapat
tercipta suatu karya yang apat bermanfaat bagi orang lain. Dan dari
karya para pengguna perpustakaan inilah nantinya dapat pila muncul suatu wacana
atau pun gagasan yang dapat dibaca dan digunakan oleh orang lain. Contohnya bila kita membaca tentang buku pembudidayaan
jamur. Jika orang tersebut adalah seorang yang kreatif, maka dari membaca buku
itu bisa saja muncul ide untuk membudidayakan jamur dan dapat membuka lapangan
pekerjaan yang tentunya berguna bagi orang lain.
c)
Sebagai Pusat Sumber Belajar
Perpustakaan merupakan upaya untuk memelihara dan
meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses belajar-mengajar. Perpustakaan
yang terorganisasi secara baik dan sistematis, secara langsung atau pun tidak
langsung dapat memberikan kemudahan bagi proses belajar mengajar di sekolah
tempat perpustakaan tersebut berada. Hal ini, terkait dengan kemajuan bidang pendidikan
dan dengan adanya perbaikan metode belajar-mengajar yang dirasakan tidak bisa
dipisahkan dari masalah penyediaan fasilitas dan sarana pendidikan.[5]
Fungsi Pendidikan Perpustakaan merupakan sarana pendidikan nonformal dan
informal. Artinya perpustakaan merupakan tempat belajar diluar bangku sekolah
maupun dalam lingkungan pendidikan.
Untuk memelihara efisiensi danefektivitas proses belajar mengajar. Dengan
adanya perpustakaan di sebuah sekolah atauperguruan tinggi dapat membantu
pengguna perpustakaan bisa lebih cepat dalam membantu mencariliteratur atau
bahan untuk proses pembelajaran. Sehingga masyarakat dimana perpustakaan itu berada dapat
mendapatkan informasi yang cepat dan akurat denganadanya perpustakaan tersebut.
Untuk memberikan kemudahan bagi proses belajarmengajar dimana perpustakaan
itu berada, kemudahan itu antara lain:
· Kemudahan
mencari informasi
· Kemudahan
mencari bahan pembelajaran
BAB III
KESIMPULAN
3.1
Kesimpulan
Pengertian
perpustakaan adalah kumpulan bahan informasi yang terdiri dari bahan buku/book
materials dan bahan nonbuku/nonbook materials yang disusun dengan sistem
tertentu dipersiapkan untuk diambil
manfaatnya/pengertiannya, tidak untuk dimiliki sebagian maupun
keseluruhan.
Fungsi Perpustakaan yaitu untuk
penelitian, pendidikan, rekreasi, informasi. Jenis-jenis Perpustakaan
diantaranya yaitu: Perpustakaan negara,
Perpustakaan awam, Perpustakaan akademik, Perpustakaan sekolah dan perpustakaan khhusus.
Peranan
perpustakaan yakni sebagai pusat sumber informasi, Sebagai Pusat inovasi dan Sebagai
pusat sumber belajar.
3.2
Saran
Demikian makalah yang kami sajikan, bila ada
kesalahan dalam penulisan juga kekurangan dalam segi pembahasan mohon
dimaklumi. Dengan segala kerendahan hati, kami sebagai penyusun makalah
mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari teman-teman dan dosen
pembimbing agar dapat memperbaiki makalah selanjutnya.
[1] Darmono.Manajemen
dan Tata Perpustakaan Sekolah. Cet. I (Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia,2001)
[3] Irma Indayu Oumar, Panduan
Mengurus Perpustakaan, (Malaysia, PTS Professional Publishing Sdn. Bhd. 2005)
[4]
Hs, Lasa, Petinjuk
Praktis Pengelolaan perpustakaan Masjid dan Lembaga Islamiyah. (Yogyakarta: Gadjah Mada University
Press,1994)
terimakasih, sangat bermanfaat
BalasHapusterimakasih , sngat membantu
BalasHapusterimakasih sangat membantu
BalasHapus