Rabu, 09 Januari 2013

Makalah Ilmu Sosiologi


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Pengertian sosiologi berkaitan dengan hal bersifat social atau hal yang menyangkut dan berhubungan dengan masyarakat. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa pegertian sosiologi berasal dari bahasa latin yaitu dari kata socius dalam bahasa Indonesia berarti kawan, sedangkan logos berarti pengetahuan. Kemudian banyak orang yang mendefinisikannya dengan ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang kondisi masyarakat.
Ungkapan itu juga di latarbelakangi dan dimunculkan untuk pertama kalinya oleh bapak sosiologi August Comte ( 1798 – 1875 ) dalam bukunya yang berjudul “ Cours De Philosophie Positive “ pengertian Sosiologi yang berkaitan dengan masyarakat adalah mengenai kelompok individu yang memiliki hubungan antar sesama, mempunyai kepentingan yang sama, juga memiliki adat dan budaya.
            Peran dan pengertian sosiologi kali ini mencangkup ruang lingkup kajian, dan sosiologi di tekankan dalam hal mempelajari masyarakat yang meliputi perilaku setiap individu- individu dalam masyarakat.
            Bagaimanapun pengertian sosiologi adalah sebuah ilmu yang menggali dan mengamati pengetahuan masyarakat ilmu yang sudah di temukan, dalam pengertian sosiologi itu hakikatnya adalah hasil dari pemikiran ilmiah yang bisa saja suatu saat mengalami kemajuan dan pengembangan – pengembangan serta bisa di control dengan kritis oleh siapa saja.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan Sosiologi ?
2.      Bagaimana Ruang lingkup dan Tujuan Sosiologi ?
3.      Apa saja konsep dasar Sosiologi ?
4.      Bagaimana cara mengiplementasikan Konsep Dasar Sosiologi Dalam Masyarakat ?
C.    Tujuan Makalah
Adapun tujuan dari penyusunan makalah ini adalah
1.      Untuk memahami Pengertian Sosiologi
2.      Untuk mengetahui Ruang Lingkup dan tujuan Sosiologi
3.      Untuk mengetahui Konsep dasar Sosiologi
4.      Untuk mengetahui cara mengimplementasikan Konsep Dasar Sosiologi dalam masyarakat







BAB II
PEMBAHASAN
A.  Pengertian Sosiologi
Seorang manusia akan memiliki perilaku yang berbeda dengan manusia lainnya walaupun orang tersebut kembar siam. Ada yang baik hati suka menolong serta rajin menabung dan ada pula yang prilakunya jahat yang suka berbuat kriminal menyakitkan hati. Manusia juga saling berhubungan satu sama lainnya dengan melakukan interaksi dan membuat kelompok dalam masyarakat.
Istilah sosiologi berasal dari kata "socius" yang berarti kawan  dan "logos" yang berarti pengetahuan (ilmu). Jadi, sosiologi adalah ilmu yang membahas pergaulan manusia di masyarakat. Pergaulan (interaksi) bisa terjadi antarindividu, antarkelompok,atau antarindividu dengan kelompok. Oleh karena objek studinya adalah masyarakat, maka sosiologi disebut juga ilmu kemasyarakatan. Fokusnya adalah hubungan timbal-balik antarmanusia dalam kehidupan bersama (bermasyarakat)
Menurut ahli sosiologi lain yakni Emile Durkheim, sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari fakta-fakta sosial, yakni fakta yang mengandung cara bertindak, berpikir, berperasaan yang berada di luar individu di mana fakta-fakta tersebut memiliki kekuatan untuk mengendalikan individu.
Objek dari sosiologi adalah masyarakat dalam berhubungan dan juga proses yang dihasilkan dari hubungan tersebut. Tujuan dari ilmu sosiologi adalah untuk meningkatkan kemampuan seseorang untuk menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan lingkungan sosialnya.
Pokok bahasan dari ilmu sosiologi adalah seperti kenyataan atau fakta sosial, tindakan sosial, khayalan sosiologis serta pengungkapan realitas sosial.
B.  Ruang Lingkup dan Tujuan Sosiologi
Objek Sosiologi dapat di bedakan menjadi dua macam, yaitu :
1.         Objek material
adalah segala proses kehidupan sosial  manusia kedalam kelompoknya, proses pembentukan, dan keruntuhan sistem hidup manusia dengan memperhatikan faktor- faktor yang mempengaruhi kehidupan antar manusia.

2.         Objek Formal
Objek formal sosiologi lebih ditekankan pada manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat. Dengan demikian objek formal sosiologi adalah hubungan manusia antara manusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.

Ø Ruang lingkup  sosiologi menurut Vine sebagai dikutip oleh susanto (1999), memperlihatkan bahwa aspek- aspek yang di teliti oleh sosiologi adalah :
1)        Hubungan manusia sebagai satuan social
2)        Proses social dan ketentuan social pembentukan masyarakat
3)        Struktur social masyarakat
4)        Unsur – unsur pengawasan social yang menjamin kelangsungan hidup kelompok social masyarakat
5)        Faktor – faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan social di masyarakat, dan
6)        Dasar penelitian dan metodologi sosiologi.[1]

Dari berbagai objek yang diteliti menghasilkan berbagai konsep sosial, perubahan sosial, proses sosial, konflik sosial, pranata sosial, status sosial, struktur sosial, masyarakat kota, masyarakat desa, peranan sosial, dan sebagainya.

Ø  Tujuan sosiologi
Kehadiran sosiologi sebagai kajian keilmuan bertujuan :
1)      Meningkatkan kehidupan yang serasi di masyarakat
2)      Meningkatkan pengertian terhadap lingkungan social manusia dalam kehidupan bermasyarakat
3)      Meningkatkan kerjasama antar manusia
4)      Perencanaan dan peningkatan pembanguna masyarakat
5)      Perencanan pembaharuan social
6)      Peningkatan perencanaan pendidikan, dan
7)      Peningkatan pengendaian social

C.       KONSEP DASAR SOSIOLOGI
Konsep – konsep dasar yang dikenal dalam sosiologi sebagai ilmu, yaitu sebagai berikut :
1.    Interaksi sosial
2.    Kelompok sosial
3.    Kebudayaan
4.    Lembaga sosial
5.    Lapisan sosial
6.    Kekuasaan dan wewenang
7.    Perubahan sosial
Konsep – konsep tersebut merupakan sarana ilmiah untuk mengungkapkan kebenaran yang ada di masyarakat
D.    KONSEP DASAR SOSIOLOGI DAN MENGIMPLEMENTASIKAN DALAM MASYARAKAT

















BAB III

PENUTUPAN

A.    KESIMPULAN

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari struktur social, proses social, dan perubahan - perubahan sosial yang terjadi di masyarakat.
Sosiologi bertujuan untuk memperkenalkan konsep- konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkunganya, memiliki kesadaran terhadap nilai – nilai social dan kemanusiaan, serta memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetensi dalam masyarakat yang majemuk. Dan Konsep awal dalaam studi sosiologo adalah budaya, norma dan kelembagaan.

B.     PENUTUP
          Demikianlah makalah kami, kami menyadari makalah kami ini jauh dari kesempurnaan, maka dari itu kami harapkan kritik dan saran yang membangun dari teman-teman sekalian beserta dosen mata kuliah. Sehingga saya bisa memperbaiki makalah selanjutnnya.












[1] Modul IPS  hal.11-7

2 komentar: