Rabu, 26 September 2012

Kompas Masa Depanku


Kompas sama hal nya jalan hidupku, jalan dimana aku menentukan kemana arah yang ingin aku tuju, arah yang menuju masa depan yang cerah. Entah utara, selatan, barat, dan timur.
Ini awal kuarahkan arah kompas masa depanku.Lulus SMK, Kuat keinginanku untuk kuliah,tapi disisi lain Keinginan untuk tidak membebankan orang tua (ingin bisa memberi uang ,tidak hanya minta uang) juga ada,disini mulai kupikirkan kemana arah kompas masa depanku, Kuliah ataukah kerja?
 Ada dua jawaban dibenakku.
Pertama, Kuliah sambil kerja mungkin itu jawaban yang tepat,tapi jika saya kuliah sambil kerja otomatis saya kuliah di universitas swasta yang biaya nya super mahal.sedangkan “BIAYA MAHAL” itu masalah utama.mungkin aku bisa membayar biaya itu dengan gajiku bekerja.Tapi kuliah sambil kerja butuh fisik,mental,semangat yang sangat kuat dan pandai membagi waktu.menurut senior-senior mayoritas mahasiswa yang kuliah sambil kerja tidak bisa menyelesaikan kuliahnya tepat waktu.
Kedua, Kuliah di universitas negeri yang biayanya pasti lebih ringan daripada universitas swasta.tapi tidak bisa disambi dengan kerja. Karna jadwal kuliah di universitas negeri yang tidak teratur dengan baik. Gundah gulana muncul, curhat kesana kemari, dapat masukan dari sana-sini, tapi dalam hal ini orang tua ku memasrahkan semuanya kepadaku, karena memang orang tuaku tidak tau apa-apa masalah kuliah, maklum aku adalah anak pertama yang berkeinginan kuat untuk kuliah dan Alhamdulillah diperbolehkan kuliah oleh orang tuaku.dulu kakak ku memutuskan langsung kerja dan menikah.
Dari beberapa masukan kuputuskan untuk kuliah di universitas negeri dengan biaya yang ringan daripada universitas swasta, Alasanya lulusan universitas negeri akan lebih dipandang nantinya dan punya nilai lebih daripada lulusan universitas swasta.
Sudah dapat satu arah menuju masadepan,kompas arah masa depanku bertanya-tanya lagi.jurusan apa yang akan kuambil.kumulai cari jatidiri ku,apa bakatku , apa minat kesukaanku,kira-kira profesi apa yang cocok untuku yang sesuai dengan minat dan bakatku.hal ini kulakukan karna aku tidak mau lagi salah dalam mengambil jurusan seperti sewaktu SMK dulu. Mengambil jurusan yang kata orang banyak dibutuhkan dalam dunia kerja,asal ikut-ikutan tanpa tau sebenernya kecocokan ku dalam bidang apa.

Sewaktu SMK aku sempat mengajar les dan mengaji anak usia 5-10 tahun.5 bulan mengajar anak-anak.aku nyaman dengan mereka,aku suka bisa memberi ilmu pada mereka.Setelah matang kupikirkan,Kurasa inilah minatku,inilah bakatku.Untuk memantapkan perasaanku, Aku meminta petunjuk pada Allah swt malalui sholat Istikharo ku,melalui doa-doa ku.Kuputuskan dan kumantapkan hati untuk ambil jurusan “PGMI” jurusan untuk calon guru madrasah Ibtidaiyah,yang mendidik anak usia dasar berlandaskan agama islam.
Namun ada …. Yang membuat kemantapanku gundah,jurusan PGSD/PGMI sedang menjadi jurusan favorit,otomatis lulusan yang keluar bersama denganku juga banyak sekali,sedangkan setiap sekolah tiap tahun tidak mungkin menegeluarkan guru atau lebih tepatnya banyak lulusan PGSD/PGMI sedangkan Lapangan kerja dan Peluang kerja alumni jurusan PGSD/PGMI sedikit.
Hemm.. benar juga sih, tapi gimana lagi,aku sudah yakin jika menjadi guru adalah bakat dan minatku,menjadi guru adalah cita-citaku. Jadi kupikir masalah rejeki dalam pekerjaan,saya pasrah pada Allah SWT yang mengatur rejeki tiap manusia.
Kompas masa depanku mulai terarah.kuliah di universitas negeri dan ambil jurusan PGMI.Syukur alhamdulillah Allah SWT melancarkan jalanku menuju arah kompas yang ingin kutujuh.aku berhasil lolos tes penerimaan mahasiswa baru di universitas negeri islam disurabaya dengan jurusan yang kuinginkan (Fak.tarbiyah Jurusan PGMI).
Disini akan kubuktikan bahwa aku hebat, walaupun aku belum bisa meringankan beban orang tua dengan memberi uang,tapi aku akan meringankan beban orang tua dengan belajar sungguh-sungguh,membanggakan mereka dengan prestasiku dan mendapat beasiswa.
Nantinya setelah lulus kuliah kelak aku akan menjadi guru yang berhasil mendidik anak didiknya, berhasil menjadi PNS dan membuka lapangan kerja bagi calon guru dengan mendirikan sekolah, LBB dan LBBQ.
Inilah Arah kompas masa depanku yang ingin kutujuh, Semangatku dan tekatku adalah modal utamaku, selebihnya kupasrakan diri ini kepada Allah SWT. Semoga Allah melancarkan, meluruskan, serta meridhoi apa yang telah aku impikan dimasa depanku !  AMIINN,,,

0 komentar:

Posting Komentar